Rabu, 25 Juli 2007

ARITMATIKA MENTAL.....APAKAH ITU??

ARITMATIKA MENTAL adalah suatu metode latihan untuk mengoptimalkan dan mengembangkan otak(kanan) untuk meningkatkan konsentrasi,kreatifitas,ketekunan,daya ingat,raeksi cepat dengan menggunakan sebuah alat bantu yang disebut SEMPOA.
Selama ini terjadi SALAH KAPRAH yang luas dalam masyarakat di mana seorang anak dikatakan berhasil dalam pelajaran aritmatika mental jika si anak mampu menghitung cepat dalam hitungan detik,sebenarnya kemampuan menghitung cepat hanyalah side effect dari meningkatnya konsentrasi,daya ingat,dan fungsi otak yang justru jauh lebih penting dibandingkan kemampuan menghitung cepat.Karena sangat berpengaruh terhadap kemampuan anak baik di sekolah maupun dalam keseharian anak tersebut.Dengan kata lain kemampuan menghitung cepat BUKANLAH TUJUAN dari Pendidikan Aritmatika Mental,tetapi perkembangan otak yang optimallah tujuannya.

Mengapa anak usia dini perlu diberikan latihan aritmatika mental?
Karena pada usia 4 s/d 6 thn merupakan masa dimana otak mengalami pertumbuhan yang pesat. Latihan aritmatika mental merupakan stimulan yang baik agar otak(kanan) berkembang lebih optimal sehingga dapat meningkatkan fungsi konsentrasi,kreatifitas,dan semua fungsi organ tubuh yang dikontrol oleh otak (kanan). Karena menurut penelitian, manusia normal hanya menggunakan kurang dari 5% dari kapasitas kemampuan otak kanan dan jika ada orang yang menggunakan sedikit di atas 5% maka akan menjadi manusia yang berbeda tingkat inteligensi dari manusia kebanyakan. oleh karena hal itulah Anak Usia Dini perlu diberikan stimulasi yang baik agar pertumbuhan dan perkembangan otak(kanan)nya lebih optimal.

Seringkali yang terjadi pada anak yang mengalami hambatan dalam belajarnya adalah karena si anak sama sekali tidak dapat berkonsentrasi di kelas atau rentang konsentrasi anak yang sangat pendek sehingga berdampak pada kemampuan akademis si anak.Ketidakmapuan konsentrasi(bukan autis) ini bisa diperbaiki melalui latihan aritmatika mental yang intensif!

Pendidikan Aritmatika Mental bukan segalanya.
Pada banyak kasus orang tua yang mengikutkan putra putrinya pada kursus aritmatika mental menyerahkan begitu saja putra putrinya pada lembaga kursus lalu berharap lembaga kursus melambaikan tongkat sihirnya..adakadabraa..sang anak berubah..padahal peran orang tua sangat besar pengaruhnya bagi keberhasilan suatu pendidikan, apapun itu..
Sebagian besar orang sukses di dunia adalah orang yang tumbuh dan berkembang dalam perhatian dan kasih sayang yang besar dari orang tua (baca:ibu)

Selagi masih ada kesempatan untuk memberikan yang terbaik pada putra putri kita yang akan mereka bawa sebagai "bekal" seumur hidup mereka, arahan,bantuan,bimbingan,perhatian,kasih sayang,adalah bahan dasar yang akan membentuk dan menentukan siapa mereka kelak.
Jangan terlambat!!

tyomanuel


3 komentar:

iskicha mengatakan...

halo pak eman...
semoga sukses ya...

iskicha mengatakan...

halo...pak eman...
sip deh...
semoga semakin jaya ...

maria angelica mengatakan...

alamat ams pusat sekarang dimana tolong diemail ke linamarlina1211@yahoo.co.id terima kasih sebelumnya